Pages - Menu

Senin, 06 Mei 2013

Contoh RPP Aqidah Akhlak

RENCANA PERBAIKAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran    : Aqidah Akhlak
Kelas/Semester   : IX MTs/1
Alokasi Waktu    : 4 x 35 menit

Standar Kompetensi :
  • Meyakini adanya alam ghaib yang berhubungan dengan hari akhir.
Kompetensi Dasar :
  • Menjelaskan macam-macam alam ghaib yang berhubungan dengan Hari Akhir.
  • Menjelaskan pengertian alam barzah, ba'ats, mashsyar, hisab, mizan, surga dan neraka.
  • Menunjukkan dalil yang berkaitan dengan alam barzah, ba'ats, mashsyar, hisab, mizan, surga dan neraka.
 Indikator :
  • Memahami tentang keyakinan terhadap alam ghaib, serta mampu mengerti hubungan antara alam barzah, ba'ats, mashsyar, hisab, mizan, surga dan neraka.
  • Menerapkan dan menanamkan keyakinan terhadap alam ghaib agar mampu mengendalikan perilaku di dalam kehidupan sehari-hari.
Tujuan Pembelajaran :
  • Siswa mengerti tentang alam ghaib yang berhubungan dengan hari akhir, dan mampu menanamkan keyakinan yang kuat terhadap alam ghaib, dan dengan sungguh-sungguh menerapkan keyakinan tersebut di dalam kehidupan sehari-hari.
Tujuan Perbaikan Pembelajaran :
  •  Meningkatkan prestasi belajar siswa
Materi Pokok Pembelajaran :
  • Dalil-dalil Al-Qur'an pilihan tentang alam ghaib yang berhubungan dengan Hari Akhir.
Metode Pembelajaran :
  • Metode demonstrasi dengan menerapkan pembelajaran aktif dan menyenangkan.
Skenario Pembelajaran :
 
A.      Kegiatan Awal
1.     Guru mengucapkan salam
2.  Guru mengkondisikan kelas dengan mengarahkan murid untuk menertibkan tempat  duduknya dan duduk dengan rapi.
3.     Guru dan siswa membaca do’a sebelum belajar.
4.     Guru mengabsen siswa.
5.  Guru mengemukakan tujuan pembelajaran yaitu “Mengerti tentang alam ghaib yang berhubungan dengan hari akhir, dan mampu menanamkan keyakinan yang kuat terhadap alam ghaib, dan dengan sungguh-sungguh menerapkan keyakinan tersebut di dalam kehidupan sehari-hari”.
6.     Peserta didik menyiapkan buku paket.
7.    Guru dan siswa melafalkan dalil-dalil mengenai alam ghaib yang berhubungan dengan Hari Akhir yang terdapat di dalam buku paket.

B.       Kegiatan Inti
8.    Guru menunjuk beberapa murid untuk membacakan materi pokok tentang “Dalin-dalil Al-Qur’an pilihan tentang alam ghaib yang berhubungan dengan Hari Akhir” yang terdapat di dalam buku paket secara bergiliran.
9.   Guru menunjuk beberapa murid untuk menulis di papan tentang dalil-dalil Al-Qur’an beserta terjemahnya mengenai alam ghaib yang berhubungan dengan Hari Akhir yang terdapat di dalam buku paket secara bergiliran.
10. Guru menunjuk salah satu murid membaca dalil-dalil Al-Qur’an tentang alam ghaib yang berhubungan dengan Hari Akhir yang telah di tulis di papan tulis secara bergiliran hingga tuntas.
11. Guru menjelaskan sedikit materi pokok mengenai alam ghaib yang berhubungan  dengan Hari Akhir, seperti alam, barzah, ba’ats, mahsyar, hisab, mizan, surga dan neraka.
12. Guru membagi siswa menjadi 6 kelompok, dimana setiap kelompok diminta untuk mendiskusikan dan membuat kesimpulan mengenai alam Ghaib yang berhubungan dengan Hari Akhir. Dengan pembagian sebagai berikut.
o   Kelompok 1 (Alam Barzah)
o   Kelompok 2 (Alam Ba’ats)
o   Kelompok 3 (Alam Mahsyar)
o   Kelompok 4 (Alam Hisab)
o   Kelompok 5 (Alam Mizan)
o   Kelompok 6 (Alam Surga dan Neraka)
13. Guru meminta setiap kelompok untuk membacakan hasil diskusinya di depan kelas  dengan diwakili oleh satu orang tiap kelompok.
14. Siswa (secara acak) diminta menyimpulkan seluruh kandungan materi pokok mengenai alam ghaib yang berhubungan dengan Hari Akhir berdasarkan hasil diskusi siswa sebelumnya.
15. Siswa menyalin dalil-dalil Al-Qur’an mengenai alam ghaib yang berhubungan dengan Hari Akhir serta kesimpulannya.
16. Guru menganjurkan agar siswa menerapkan dan menanamkan di dalam diri keyakinan alam ghaib yang berhubungan dengan Hari Akhir di dalam kehidupan sehari-hari.
17. Mengadakan tanya jawab tentang makna dalil-dalil mengenai alam ghaib yang    berhubungan dengan Hari Akhir yang terdapat di dalam Al-Qur’an.

C.      Kegiatan Akhir
18. Guru memberitahukan pelajaran yang akan datang yaitu “Akhlak Terpuji Terhadap    Lingkungan Sosial”.
19. Guru menganjurkan siswa untuk membaca di rumah materi mengenai “Akhlak Terpuji Terhadap Lingkungan Sosial” yang akan disampaikan di minggu depan.
20.  Guru menutup, mengakhiri pelajaran dengan membaca hamdalah/do’a.

Media dan Sumber Belajar :
  • Al-Qur'an
  • Buku paket Aqidah Akhlak Kelas IX semester II (MTs)
Penilaian : Tes Tulis
  • Bentuk instrumen essay
Evaluasi :

Jawablah pertanyaan-pertanyaan ini dengan benar !
1)      Sebutkan alam ghaib yang berhubungan dengan Hari Akhir !
2)      Jelaskan dengan singkat pengertian surga dan neraka !
3)      Sebutkan 3 tahap atau 3 macam kehidupan manusia !
4)      Tulislah salah satu ayat yang telah kamu ketahui yang berhubungan dengan alam ghaib !

Kunci Jawaban :
 
1)      Alam, barzah, ba’ats, mahsyar, hisab, mizan, surga dan neraka.
2)     Surga adalah tempat bagi orang-orang yang ikhlas beribadah, beriman dan bertakwa kepada Allas swt yang berisi penuh dendan kesenangan dan kegembiraan. Neraka adalah suatu tempat di akhirat yang sangat tidak menyenangkan. Tempat ini diperuntukkan bagi orang-orang kafir, orang-orang yang melanggar perintah Allah swt.
3)     3 tahap kehidupan manusia :
o   Kehidupan di dunia
o   Kehidupan di alam barzah
o   Kehidupan di akhirat
 

                                                                                                             Medan,         Juni 2012
          Mengetahui:                                                                               Guru PAI 
          Kepala MTs……….


          ………………………                                                               ………………………

Tidak ada komentar:

Posting Komentar